Home Informasi Pembagian Zaman Logam atau Perundagian

Pembagian Zaman Logam atau Perundagian

18
0
SekolahSD – Pada zaman Logam, manusia sudah dapat membuat alat-alat dari logam di samping alat-alat dari batu. Manusia sudah mengenal cara melebur logam, mencetaknya menjadi alat-alat yang diinginkannya. Teknik pembuatan alat logam ada dua macam, yaitu dengan cetakan batu dan dengan cetakan tanah liat dan lilin.
Zaman logam juga disebut masa perundagian karena dalam masyarakat timbul golongan undagi yang terampil melakukan pekerjaan tangan. Zaman logam ini dibagi atas 3 tahapan.
Zaman Tembaga
Orang menggunakan tembaga sebagai alat kebudayaan. Alat kebudayaan ini hanya dikenal di beberapa bagian dunia saja. Di Asia Tenggara (termasuk Indonesia) tidak dikenal istilah zaman tembaga.
 Manusia sudah mengenal cara melebur logam Pembagian Zaman Logam atau PerundagianZaman Perunggu
Pada zaman ini orang sudah dapat mencampur tembaga dengan timah dengan perbandingan 3 : 10, sehingga diperoleh logam yang lebih keras.
Zaman Besi
Pada zaman ini, orang sudah dapat melebur besi untuk dituang menjadi alat-alat yang diperlukan. Teknik peleburan besi lebih sulit dari teknik peleburan tembaga maupun perunggu, sebab melebur besi membutuhkan panas yang sangat tinggi, yaitu ±3500 °C.
baca juga :


Sumber https://www.warungeducation.com/