Home Info Baru Rumus Menghitung Nilai Raport Siswa SD, SMP, dan SMA

Rumus Menghitung Nilai Raport Siswa SD, SMP, dan SMA

60
0

Rumus Menghitung Nilai Raport Siswa SD, SMP, dan SMA_Bagaiamana cara guru dalam mengolah, membuat, dan/atau menentukan nilai raport SD/MI, SMP/MTs, dan SMA/SMK/MA/sederajat ?_Siswa dan orang tua/wali murid hendaknya juga mengetahui tentang darimana nilai buku laporan pendidikan (raport) itu berasal/didapat. Pengetahuan tentang rumus nilai raport ini penting dipahami oleh siswa dan orang tua serta masyarakat pada umumnya, karena dengan adanya pengertian/pengetahuan tentang cara guru dalam mengolah/menjadikan nilai raport maka setidaknya: siswa akan lebih rajin dalam belajar, orang tua dapat lebih giat membimbing belajar putra/putrinya di rumah, tidak akan terjadi protes nilai raport yang tanpa dasar.

Rumus Menghitung Nilai Raport Siswa SD, SMP, dan SMA
Sahabat pembaca, sebenarnya cara guru dan/atau aturan baku tentang rumus mengolah nilai menjadi nilai raport SD/SMP/SMA baik itu yang kurikulum 2013 maupun KTSP pada dasarnya adalah sama. Dalam artian, nilai raport merupakan hasil pengolahan dari  nilai ulangan harian (UH), nilai Tugas ( tugas bisa berupa PR, laporan pengamatan, kerja kelompok, dll), nilai Ulangan Tengah Semester (UTS), dan nilai Ulangan Kenaikan Kelas (UKK).


Nah itu dia 4 komponen nilai yang menjadi dasar pengolahan raport siswa. Adapun rumus yang digunakan guru dalam mengolah nilai-nilai yang dihasilkan oleh siswa menjadi nilai raport, pada umumnya seperti di bawah ini.

Nilai Rata-rata UH + Nilai Rata-rata Tugas + Nilai UTS + ( 2 X Nilai UKK)
                                                     4

atau

Nilai Rata-rata UH + Nilai Rata-rata Tugas + Nilai UTS +  Nilai UKK
                                                     4

Rumus tersebut di atas adalah rumus secara umum, adapun pada praktiknya, para guru mengikuti juknis penulisan/pengolahan raport yang berlaku.

Demikian sekilas tentang Cara Guru Mengolah Nilai-nilai Siswa menjadi Nilai Raport yang perlu diketahui oleh para Siswa dan Orang tua/wali murid. Semoga bermanfaat.