Home Bank Soal Soal Latihan USBN SD/MI 2019 dan Pembahasannya

Soal Latihan USBN SD/MI 2019 dan Pembahasannya

97
0
Download soal latihan USBN SD/MI 2019 yang disertai dengan pembahasan dan kunci jawabannya.

Ujian sekolah berstandar nasional (USBN) di tingkat SD/MI tahun 2019 hanya menguji tiga mata pelajaran, yakni Bahasa Indonesia, Matematika, dan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Kisi-Kisi soal USBN SD/MI 2019 sudah dirilis sebagai acuan dalam penyusunan soal USBN SD/MI yang menggunakan materi irisan dari Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) atau Kurikulum 2006 dengan Kurikulum 2013. Jadwal USBN untuk jenjang SD/MI akan digelar mulai tanggal 22 sampai 24 April 2019.

Format kisi-kisi USBN SD/MI tahun 2019 memuat level kognitif dan ruang lingkup materi. Terdapat 3 level kognitif, yaitu: Pengetahuan dan Pemahaman, Aplikasi, serta Penalaran. Soal yang diujikan dalam USBN SD/MI tahun 2019 adalah bentuk soal pilihan ganda dan uraian. Dengan jumlah butir soal; Bahasa Indonesia sebanyak 40 soal pilihan ganda dan 5 soal uraian, Matematika 30 soal pilihan ganda dan 5 soal uraian, serta IPA 35 soal pilihan ganda dan 5 soal uraian.

CONTOH SOAL BAHASA INDONESIA USBN SD/MI DAN PEMBAHASANNYA

7. Cermati paragraf berikut!
Besok pagi ada pelajaran menggambar. Bu Intan memberikan instruksi untuk membawa buku gambar berukuran A3, pensil HB, dan pewarna.
Makna kata bergaris bawah dalam paragraf tersebut adalah ….
A. perintah
B. pelajaran
C. petunjuk
D. peraturan

Makna kata “instruksi” dalam paragraf tersebut adalah perintah. Jawaban: A

CONTOH SOAL MATEMATIKA USBN SD/MI DAN PEMBAHASANNYA

12. Riri memiliki penghapus sebanyak 11 kotak. Setiap kotak berisi 6 penghapus. Pada saat kenaikan kelas, Riri membagikan penghapus tersebut kepada 22 temannya. Berapa banyak penghapus yang diterima masing-masing anak?
A. 2 buah
B. 3 buah
C. 4 buah
D. 5 buah

Banyak penghapus Riri = 11 kotak
Banyak penghapus tiap kotak = 6 penghapus
Jumlah seluruh penghapus Riri = 11 × 6 = 66 buah.
Penghapus akan dibagikan kepada 22 temannnya = 66 : 22 = 3 buah
Jadi, banyak penghapus yang diterima masingmasing anak adalah 3 buah. Jawaban: B

CONTOH SOAL IPA USBN SD/MI DAN PEMBAHASANNYA

34. Berikut ini merupakan kegiatan manusia yang dapat mengganggu proses daur air, kecuali ….
A. mengubah sawah menjadi area pemukiman
B. mencuci motor setiap hari walaupun masih bersih
C. membiarkan lahan kosong tanpa ditanami tumbuhan
D. tidak membuang sampah di sungai

Kegiatan manusia yang tidak mengganggu proses daur air adalah tidak membuang sampah di sungai. Sementara itu, kegiatan manusia yang mengganggu proses daur air antara lain mengubah sawah menjadi pemukiman, mencuci motor setiap hari walaupun masih bersih, dan membiarkan lahan kosong tanpa ditanami tumbuhan. Jawaban: D

Untuk persiapan menghadapi USBN SD/MI tahun 2019, pelajari semua indikator yang ada pada kisi-kisi USBN SD tahun 2019 dan perbanyak latihan soal. Berikut kumpulan paket soal latihan USBN SD/MI 2019 yang disertai dengan pembahasan dan kunci jawabannya. Kumpulan soal latihan USBN SD/MI 2019 dengan kunci jawabannya bisa didownload melalui tautan berikut:

DOWNLOAD SOAL LATIHAN BAHASA INDONESIA USBN SD/MI


DOWNLOAD PEMBAHASAN SOAL LATIHAN BAHASA INDONESIA USBN SD/MI

DOWNLOAD SOAL LATIHAN MATEMATIKA USBN SD/MI


DOWNLOAD PEMBAHASAN SOAL LATIHAN MATEMATIKA USBN SD/MI

DOWNLOAD SOAL LATIHAN IPA USBN SD/MI

DOWNLOAD PEMBAHASAN SOAL LATIHAN IPA USBN SD/MI

Untuk bahan belajar menghadapi USBN SD/MI tahun 2019, bisa menggunakan kumpulan soal latihan atau soal prediksi USBN SD/MI sesuai kisi-kisi. Kumpulan soal USBN SD/MI tahun 2019 yang sudah disertai dengan pembahasannya kunci jawabannya Untuk bahan belajar menghadapi USBN SD/MI, bisa menggunakan soal latihan USBN SD/MI di atas.
Sumber https://www.sekolahdasar.net/