Home Informasi PDUN 2019 : Kroscek dan Koreksi Data Siswa Persiapan UNBK 2019

PDUN 2019 : Kroscek dan Koreksi Data Siswa Persiapan UNBK 2019

11
0

Pekerjaan rutin Operator setelah menyelasaikan data siswa kelas baru yang rentetannya terhubung dengan data verval PD untuk sampai saat ini anggaplah sudah 85 persen rampung meskipun masih tersisa buntut satu dua siswa yang masih rewel. Sejalan dengan itu pula, operatur mempunyai multi peran, mengisi DHGTK, menjadi ujung tombak pencairan dana BOS serta menjadi ujung tombak untuk kesejahteraan guru, maka data guru pun harus sudah mendapatkan predikat valid dan menyandang SKTP untuk bulan-bulan ini agar operator bisa melanjutkan tugas sucinya fokus pada data kelas 12 yakni manajemen PDUN calon peserta UN 2019 nanti.

Pekerjaan rutin Operator setelah menyelasaikan data siswa kelas baru yang rentetannya terh PDUN 2019 : Kroscek dan Koreksi Data Siswa Persiapan UNBK 2019

Kenapa harus sekarang dipersiapkan? masalahnya adalah mengenai kevalidan data siswa, sedangkan simulasi UN biasanya akan dibuka setelah melaksanakan unjian semester satu. Jika tidak dipersiapkan dari sekarang ketika menemui kendala masalah invalid data yang terjadi adalah kepanikan yang ujungnya membuat kerja menjadi sangat-sangat lebih berat lagi.

Oleh karena itu sebelum terlambat mari kita lakukan kroscek dan koreksi sedini mungkin data kelas 12 di laman PDUN 2019 mengenai kevalidan NISN, Nomer peserta ujian jenjang sebelumnya, Nomer SKHUN, Nomer seri Ijasah, orang tua, dan lain-lain.

Apa yang harus dilakukan jika data PDUN ada yang salah?

Mengingatkan lagi, bahwa sumber data PDUN berasal dari VervalPD yang sudah masuk Referensi Aktif. Jadi jika kesalahan data nama siswa, NISN, tanggal lahir dan nama ibu harus melalui VervalPD tapi jika kesalahan selain itu cukup lakukan perbaikan di Dapodik serta lakukan sinkronisasi.

Data siswa yang invalid pada laman PDUN akan berwarna merah. Seperti kasus NISN kosong yang terjadi di laman PDUN, pastikan bahwa data siswa tersebut tidak masuk pada menu pengajuan mutasi di laman vervalPD sebab data siswa yang masuk pada menu mutasi yang belum di approval oleh Dinas setempat siswa tersebut akan tercatat kosong NISN nya meskipun pada aplikasi Dapodik sudah tertera NISN nya. Solusinya menghubungi Dinas setempat dengan membawa berkas dokumen siswa untuk segera di approval.
Untuk pengisian data Nomer peserta ujian jenjang sebelumnya, Nomer SKHUN serta Nomer seri Ijasah dilakukan melalui aplikasi dapodik pada menu regristasi peserta didik. Setelah itu lakukan sinkronisasi data untuk membuat perubahan data.
Tugas operator tidak akan pernah berakhir. Semangat kerja semogah berkah meskipun dengan imbalan secercah 😅😅😅.


Sumber: Ilerning Media