Home Informasi Dampak Buruk Main Handphone Sambil Tiduran

Dampak Buruk Main Handphone Sambil Tiduran

11
0
Salam semangat buat semuanya, pada postingan kali ini admin ingin berbagi informasi mengenai dampak buruk dari bermain hp sambil tiduran. 
 pada postingan kali ini admin ingin berbagi informasi mengenai dampak buruk dari bermain  Dampak Buruk Main Handphone  Sambil Tiduran
Gambar. Bermain Games Sambil Tiduran

Handphone sudah menjadi benda vital yang harus ada dimanapun dan kapanpun. Sampai-sampai diwaktu istirahat pun kita tidak akan terlepas dari hp. Tapi kita harus bijak dalam menggunakan alat komunikasi ini, alangkah baiknya diwaktu kita tiduran janganlah sambil bermain hp karena hal ini sangat memiliki dampak buruk bagi kesehatan kita terutama “Mata”. 

Apa-apa saja dampak buruk dari menggunakan hp sambil tiduran bagi kesehatan? Silahkan disimak informasi berikut ini:

1. Insomnia
Banyak dari kita main hp sambil tiduran sudah menjadi kebiasaan tepatnya sewaktu dimalam hari dan saatnya untuk tidur, tapi kebanyakan kita memanfaatkan waktu istirahat tersebut untuk bermain hp dalam posisi tiduran sehingga hal ini menimbulkan susah tidur alias insomnia karena mata dibiarkan terlalu lama aktif. 

2. Tubuh Cepat Lelah 
Percaya atau tidak, posisi bermain hp sambil tiduran sangat membuat banyak orang merasa nyaman sehingga melakukannya secara terus-menerus. Padahal, kegiatan seperti ini berdampak pada tubuh yang nantinya lebih gampang lelah. Cepat lelah adalah salah satu efek dari susah tidur dimalam hari. 

3. Kualitas Tidur Memburuk 
Karena insomnia dimana tidur terlalu larut mala, otomatis kualitas tidur pun menjadi lebih buruk. Waktu tidur paling ideal adalah 8-9 ja dan berlaku untuk setiap hari nya. 

4. Otak Bekerja dengan Lambat
Hal ini disebabkan karena kita istirahat yang tidak cukup, sehingga menyebabkan otak dipaksa untuk bekerja seharian bahkan saat istirahat dan tiduran. Kinerja otak bisa terpengaruh dan bahkan bisa lebih lambat dari biasanya. 

5. Terkena Paparan Radiasi
Bermain hp sambil tiduran merupakan cara sebagian orang untuk mengusir rasa jenuh dan bosan, tapi apabila hal ini menjadi rutinitas tidak lah baik. Karena jaringan tubuh bisa terkena paparan radiasi dari hp.
6. Gelisah
Rasa gelisah ini akan dirasakan secara spontan bagi kita kebiasaan bermain HP dengan posisi berbaring yang sebenarnya diakibatkan oleh radiasi sinar biru. Kegelisahan ini ada kaitannya dengan sel-sel dalam tubuh yang mengalami keterlambatan dalam hal regenerasi. 

7. Stress
Stress disini maksudnya adanya rasa tegang dan selalu dalam keadaan berjaga-jaga, walau setelah menaruh hp. Contohnya: ketika menunggu balasan chat dari doi, rasa-rasa sudah ada balasan ternyata belum. 

Berikut ini dampak buruk dari bermain hp sambil tiduran bagi kesehatan mata:

1. Menyebabkan Mata Lelah 
Mata adalah salah satu panca indera yang harus kita jaga karena merupakan salah satu organ vita. Bermain hp sambil tiduran bukanlah hal yang baik bagi mata. Jika sudah menjadi kebiasaan bagi kita, maka jangan heran jika suatu saat nanti mata anda terasa begitu cepat lelah. 

2. Mata Kering
Salah satu masalah yang akan timbul yaitu mata kering karena digunakan terus-menerus bahkan sewaktu tiduran yang sebenarnya adalah waktu untuk istirahat dan lepas dari gadget

3. Katarak
Dampak buruk lainnya yaitu katarak. Ada beberapa penelitian mengatakan bahwa terbiasa melakukan hal tersebut tak hanya membuat mata cepat lelah, tapi juga meningkatkan resiko kataraka. Namun, hal ini masih dalam penelitian lanjutan. 

4. Kanker Mata 
Dampak buruk selanjutnya yaitu resiko kanker mata, hal ini biasanya ditandai dengan perubhahan warna putih mata yang kemudian menjadi merah lama-kelamaan. 

Ketika kebiasaan main hp sambil tiduran dilakukan terlalu sering terutama didalam ruangan yang pencahayaanya kurang, gejala kanker matapun dapat timbul. 

5. Kebutaan
Seperti yang dimuat dari New England Journal of Medicine disbutkan bahwa bermain hp sambil dalam posisi tiduran akan meningkatkan resiko sindrom Transient Smartphone Blindness. Apabila kebiasaan tak segera dihentikan, maka kemungkinan kebutaan permanen pun dapat lebih besar. 

Sumber : halosehat.com



Oleh karena itu, agar dampak buruk diatas tidak terjadi pada kita, mari mulailah untuk mengubah kebiasaan buruk tersebut. Main Hp sebaiknya dilakukan saat sedang duduk saja dan itupun harus kita batasi jangan terlalu lama karena kalau tidak akan membahayakan kesehatan tubuh kita. 


Demikianlah informasi yang dapat admin bagikan, semoga bermanfaat buat kita semuanya.