Home Informasi Cara Mengisi Absen Guru di DHGTK 2018

Cara Mengisi Absen Guru di DHGTK 2018

10
0
Memasuki tahun pelajaran 2018/2019, Aplikasi DHGTK sudah mulai efektif diberlakukan. Oleh karena itu, rekan-rekan operator diharapkan sudah memulai pengisian absensi online tersebut karena ini berpengaruh terhadap penyaluran tunjangan profesi guru nantinya.

 Aplikasi DHGTK sudah mulai efektif diberlakukan Cara Mengisi Absen Guru di DHGTK 2018
Gambar. Halaman Pengisian Absensi Guru Online

Sistem informasi data kehadiran guru dan tenaga kependidikan merupakan sebuah aplikasi pencatatan kehadiran secara online baik untuk guru maupun tenaga kependidikan lainnya di sekolah negeri dan swasta seluruh indonesia. Proses pencatatan data kehadiran ini dilakukan oleh sekolah yang terhubung dengan internet secara langsung. Proses pencatatan kehadiran untuk versi awal dapat dilakukan secara harian dan bisa juga dilakukan mingguan ataupun bulanan (Kemendikbud RI).



Untuk dapat mencatatkan kehadiran guru kedalam sistem, ada dua user yang dapat digunakan sebagai akses kedalam sistem:

1.Login dengan userid Kepala Sekolah
2.Login dengan userid Operator Dapodik

Dimana kedua userid tersebut didapatkan datanya secara langsung dari data dapodik baik Dapodikdasmen maupun dapodikpaud. 

Baiklah, langsung saja admin menjelaskan bagaimana cara mengisi absen guru di DHGTK 2018, dalam hal ini admin login sebagai operator dapodik. 

Cara Mengisi Absen Guru di DHGTK 

1.Bukalah web browser internet, silahkan klik link berikut http://223.27.144.195:212/index.php 

Gambar. Cara Akses Halaman DHGTK 

2.Jika sudah masuk ke halaman seperti diatas, klik pada Login Sekolah. Masuk di halaman Login SIM Kehadiran Guru. Silahkan isikan:

NPSN SekolahUser id (gunakan username di dapodik) password (gunakan password di dapodik) > isikan captcha 

Selanjutnya klik Login
Gambar. Halaman Login DHGTK 

3.Masuk dihalaman utama / dashboard DHGTK > lalu klik pada Menu Kehadiran.

Gambar. Dashboar atau Halaman Utama Pengisian Absensi Online

4.Sebelum melakukan pengisian absensi, diharapkan untuk mengisi kalender pendidikan terlebih dahulu

Caranya: Pada bagian Data Sekolah > Kalender Sekolah > Klik Tombol Tambah Baru, dan isikanlah kalender pendidikannya. Setelah itu Klik simpan dan jangan lupa di reload/refresh terlebih dahulu sebelum menambahkan kalender baru. 

Gambar. Tambah Kalender di DHGTK

5.Jika pengisian kalender sudah selesai, selanjutnya klik pada Tombol Buat Daftar Hadir > Muncul notif seperti dibawah ini lalu klik OK > Klik Refresh
Gambar. Buat Daftar Hadir 

Selanjutnya, lakukanlah pengisian absensi untuk guru dan tenaga kependidikannya. Setelah diisi jangan lupa klik Simpan dan Refresh
Gambar. Halaman Pengisian Absensi Online
Untuk cara pengisian daftar kehadiran GTK yaitu silahkan centang pada setiap hari sesuai dengan tanggal kehadiran dari para guru. Jika terdapat guru yang mengalami sakit, izin atau sedang dinas luar, silahkan klik pada Nama Guru > Pada laman Data Guru dan Tendik > lalu klik pada tombol Input Surat Izin/Dinas Luar/Sakit. 
Apabila proses pengisian data kehadiran sudah selesai, maka silahkan klik pada tombol Simpan supaya laporan data kehadiran guru sekolah tersebut berhasil disimpan ke dalam server pusat. 

Demikianlah informasi mengenai cara mengisi absen guru di DHGTK 2018. Semoga bermanfaat dan terimakasih…