Home Informasi Cara Membuat Table di WordPress Responsive dengan Smartphone

Cara Membuat Table di WordPress Responsive dengan Smartphone

5
0
cara membuat  table di wordpess bisa digeser Cara Membuat Table di WordPress Responsive dengan Smartphone
Gambar. Table di halaman WordPress 

Salam semangat buat semuanya, pada postingan sebelumnya admin telah membahas mengenai Cara Import Table di WordPress Tanpa Menggunakan Plugin, namun pada postingan kali ini kita juga akan membahas Cara Import atau tepatnya Cara Membuat Table di WordPress yang Responsive dengan Smartphone dengan menggunakan sebuah plugin

Sedikit cerita awalnya, admin dalam membuat table di WordPress tanpa menggunakan plugin, hasilnya bagus tapi sayangnya tidak responsive dengan smartphone. Oleh karena itu, admin mencoba berbagai cara agar bisa responsive dengan mobile. Salah satu caranya dengan mendownload beberapa plugin table wordpress, dan langsung diterapkan. Namun masih belum mendukung juga. Pada akhirnya admin menemukan sebuah Plugin yang bernama “Table-Maker” , dan menurut admin hasilnya sangat memuaskan. Bukan berarti plugin table yang lain tidak memuaskan ya… Tapi plugin yang satu ini bagi admin ini sangat recommended

Baiklah dengan tidak memangjangkan kata pengantar, langsung saja kita masuk ke topik pembahasan yaitu:

Cara Membuat Table di WordPress Responsive dengan Smartphone:

1. Silahkan klik Link ini https://id.wordpress.org/plugins/table-maker/ 

2. Lalu klik Unduh
3. Setelah berhasil di unduh, silahkan aktifkan plugin tersebut di dashboard WordPress anda. Atau melalui cPanel. 

Cara Unggah Plugin melalui Dashboard WordPress :
Silahkan klik Menu Plugin > Klik Tambah Baru > Klik Unggah Plugin > Silahkan pilih Plugin yang telah diunduh tadi dalam format .zip. > Jika telah berhasil silahkan klik Aktifkan pada plugin tersebut. Hasilnya seperti gambar dibawah ini:

Menu Plugin Table Maker


Cara Unggah Plugin melalui cPanel:
Silahkan masuk ke public_html > wp-content > klik pada folder plugins > silahkan pastekan plugin yang mau diunggah. Jika telah selesai silahkan masuk kembali ke dashboard wordpress > cek menu plugin > lalu aktifkan plugin yang pastekan tadi. 

4.Silahkan klik Menu plugin table maker, maka akan masuk ke halaman seperti dibawah ini.


Lalu klik Add New.


Silahkan atur berapa kolom yang diperlukan dengan mengklik Resize Table, silahkan atur baris dengan mengklik switch rows. Kita juga bisa mengatur warna header title, dan silahkan berkarya dengan table yang telah disediakan. 

Pada kolom enable responsive stack style for mobile device jika tidak ingin menampilkan banyak table silahkan klik “No”. Hasilnya seperti dibawah ini. 


Dan untuk pengisian data disetiap kolom dan baris, rekan-rekan tinggal klik saja didalam kolom lalu isikan data nya. Jika semuanya sudah selesai, silahkan klik Save Changes.

Hasil akhirnya seperti berikut ini:

Gambar. Table responsive dengan mobile dan bisa digeser-geser. 


Demikianlah informasi yang dapat admin bagikan, semoga bagi rekan-rekan yang membutuhkan informasi ini dapat bermanfaat ya… dan silahkan di share ilmunya… Salama semangat dan terimakasih…