Home Informasi 9 Manfaat Wortel Untuk Kesehatan

9 Manfaat Wortel Untuk Kesehatan

9
0
Solusi Hidup Sehat – Wortel atau nama ilmiahnya Daucus Carota yang berasal dari keluarga Apiaceae dan Genus Daucus serta sejenis sayuran yang berasal dari Umbi, ini merupakan sayuran yang memiliki banyak khasiatnya. Wortel ini salah satu jenis sayuran favorit ibu-ibu yang sering dibeli di pasar. Selain karena harganya yang ekonomis juga memiliki banyak khasiat. Namun, masih ada sebagian orang yang tidak suka dengan wortel dengan alasan wortel tidak enak. Apakah makanan yang enak dapat memberikan banyak manfaat buat kesehatan anda? Jawabannya belum tentu, So, kata-kata tidak enak tentang wortel silahkan di hapus dari pikiran anda, karena Wortel ini memiliki banyak kandungan zat serta manfaat yang dapat bermanfaat buat kesehatan kita.

 Wortel atau nama ilmiahnya Daucus Carota yang berasal dari keluarga Apiaceae dan Genus Da 9 Manfaat Wortel Untuk Kesehatan
Gambar dari : http://manfaatsehat.id




Berikut ini adalah Zat-zat yang terkandung di dalam Wortel:
1) Wortel mengandung Vitamin A terbaik dibandingkan kebanyakan sayuran lainnya.
2) Wortel juga mengandung Vitamin B1, B2, B3, B6, B9 dan C, Kalsium, Zat Besi, Magnesium, Fosfor, Kalium dan Sodium. 
3) Bahkan bagian daun dari wortel kaya akan kandungan klorofil sebagai sumber terbaik mineral magnesium, potassium, dan kalsium yang dapat meningkatkan kesehatan, tekanan darah sekaligus menjaga tulang dan otot tetap kuat. 

Manfaat Wortel untuk Kesehatan Tubuh:
       1) Mencegah Jerawat dan Menghilangkan Berkas Jerawat
Ini sangat bermanfaat buat anda yang memiliki Jerawat atau berkas jerawat di wajah untuk mencegahnya serta menghilangkan berkas jerawat, Karena didalam wortel terdapat kandungan seperti Kalsium, kalium serta vitamin A dan C yang bermanfaat untuk kesehatan kulit. Caranya bagaimana? Dengan membuat Jus Wortel. Jus tersebut bisa langsung diminum atau dijadikan sebagai masker wajah. 
  • Apabila jus wortel yang dibuat untuk diminum maka minumlah setiap hari. 
  • Apabila jus wortel untuk masker wajah, berikut ini adalah cara membuat Jus Wortel untuk mengatasi jerawat menggunakan wortel dan putih telur, karena bahan ini sering dijumpai di rumah kita:
(1) Siapkan 1 atau 2 buah wortel yang masih segar, serta 1 butir telur ayam 
(2) Cucilah wortel tersebut hingga bersih dan jangan kupas kulitnya
(3) Setelah itu, haluskan wortel menggunakan blender dan campurkan putih telur tadi sampai membentuk seperti pasta/krim
(4) Jika sudah, oleskan adonan tadi pada wajah secara merata setelah anda mandi. Berikan pijatan lembut selama 10 menit agar masker dapat meresap kedalam lapisan sel kulit. 
(5) Tunggu dan diamkanlah hingga kurang lebih setengah jam (30 menit). Jika sudah kering atau mengencang bilaslah dengan air hangat hingga bersih. 
      2) Menjaga Kesehatan Mata

Beta-karoten yang tinggi dalam wortel dapat membantu melindungi mata dan meningkatkan kejernihan mata. Kandungan karoten dapat membantu mencegah terjadinya rabun senja dan memperbaiki penglihatan yang lemah. 

3) Anti Kanker 
Wortel juga bisa membantu melawan sel-sel kanker dan mencegah penyakit jantung. Khasiat anti kanker ini ditimbulkan karena aktivitas beta-karoten yang mencegah terjadinya plak atau timbulnya kolesterol dalam pembuluh darah. 

4) Membantu dalam Menetralkan Asam dalam Darah
Dengan mengkonsumsi wortel secara rutin dapat membantu menetralkan asam dalam darah dan menghilangkan toksin didalam tubuh. Dengan adanya kandungan kalium didalam wortel sangat baik untuk dikonsumsi mentah ataupun matang. 

5) Mendetoksifikasi 
Wortel juga dapat mendetoksifikasi otot, hati, serta jaringan lainnya dan mampu mengeluarkan racun dalam tubuh dan mencegah terjadinya penyakit jantung. 

6) Menjaga Tampilan Awet Muda
Dengan adanya kandungan Beta Karoten yang tinggi dalam wortel dapat memperlambat penuaan sel. Hal ini dapat membuat sesoerang terlihat lebih awet muda. 

7) Mencegah Kerusakan Gigi
Selain manfaat diatas, wortel juga bisa membantu menghilangkan plak serta sisa-sisa makanan yang dapat merusak gigi. Dikarenakan wortel memiliki kandungan mineral tertentu yang mampu  mencegah kerusakan gigi. 

8) Mengatasi Rambut Rontok 
Dengan adanya Vitamin A serta kandungan Beta Karoten didalam wortel mampu menjadikan pertumbuhan rambut menjadi lebih sehat. Selain itu, kandungan vitamin esensial yang ada pada wortel juga bisa meningkatkan sirkulasi darah yang terjadi di daerah kulit kepala sehingga dapat mengurangi masalah pada rambut anda. 

9) Mengurangi Resiko Kanker Payudara
Salah satu cara untuk mengurangi resiko kanker payudara yaitu dengan mengkonsumsi makanan yang memiliki kandungan beta karoten yang cukup setiap harinya dan salah satunya terdapat di dalam wortel. Adapun resiko dapat diturunkan sekitar 17% (penelitian ini dilakukan di Harvard University). 


Demikianlah informasi mengenai Zat-zat yang terkandung didalam wortel dan 9 Manfaat Wortel untuk Kesehatan. Semoga bermanfaat dan Terimakasih… 



Sumber Referensi: Zat-zat yang terkandung didalam wortel dan 9 manfaat wortel untuk kesehatan yang diolah dari berbagai sumber kesehatan